Peralatan untuk Teleconference

0
20

Di masa pandemi ini kebutuhan terhadap pekerjaan daring makin meningkat. Tentu saja anda yang sedang work from home (WFH), akan makin sering melakukan teleconference.

Supaya anda tampil baik dalam teleconference sebaiknya anda mengetahui peralatan – peralatan yang dibutuhkan sebagai berikut :

Hardware

Kalau Anda lebih suka menggunakan smartphone untuk telekonferensi, khususnya agar Anda bisa melakukannya dengan fleksibel dari manapun, tidak harus dari meja kerja, tentunya Anda bisa juga menggunakan smartphone. Kalau Anda masih menggunakan featurephone, atau sedang mencari smartphone kedua khusus untuk melakukan video conferencing, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Front camera. Anda memang bisa melakukan video call dengan kamera belakang. Tetapi akan sulit untuk melihat lawan bicara Anda atau wajah Anda sendiri saat berbicara dengan rekan-rekan kantor. Untuk itu, kamera depan sangat penting untuk diperhatikan.

Kalau laptop Anda sudah cukup usang untuk melakukan video conferencing dan ingin menukar laptop baru, beberapa faktor berikut bisa jadi bahan pertimbangan.

Pertama-tama, tentunya adalah kamera web. Pastikan kamera web yang disediakan laptop tersebut mendukung resolusi HD demi kenyamanan dan kelancaran video conference Anda. Jangan salah. Laptop harga terjangkau pun kadang sudah memiliki kamera web yang berkualitas.

Aspek lain yang juga bisa jadi pertimbangan adalah baterai. Ya, sama seperti smartphone, baterai laptop pun kini sudah semakin penting perannya. Laptop memang didesain untuk mem-bypass listrik saat baterainya sudah penuh. Namun saat penggunanya butuh mobilitas, atau mati lampu saat Work From Home, apakah kita bisa mangkir dari rapat koordinasi dengan bos? Tentu tidak bisa demikian, bukan?

  1. Peralatan audio : Untuk bicara Mic dan untuk mendengarkan (headset atau speaker)
  2. Peralatan visual : Dibutuhkan kamera yang terkoneksi komputer. Laptop saat ini memang sudah memiliki kamera web yang bagus. Bahkan laptop-laptop keluaran terbaru, meski harganya terjangkau pun sudah menyediakan kamera web jenis HD. Kalau Anda ingin mengandalkan kamera web di laptop, sebaiknya hindari laptop yang menyediakan kamera web jenis VGA. Dari sisi resolusi dan rasio gambar, ia sudah kurang baik untuk ukuran saat ini.Alternatif lain, Anda bisa membeli kamera web eksternal.

Semua peralatan terkoneksi di komputer yang memiliki jaringan internet

Internet

Selanjutnya, Anda juga harus memiliki koneksi internet yang stabil untuk bisa melakukan teleconference dengan lancar. Koneksi internet sangat memengaruhi kualitas teleconference. Jika koneksi baik, maka kualitas audio visual yang ditampilkan pun baik.

Software

Device sudah, internet sudah, sekarang apa lagi yang harus dipersiapkan? Langkah selanjutnya adalah meng-install software untuk teleconference. Saat ini sudah ada banyak sekali software yang bisa digunakan untuk melakukan rapat virtual, baik itu untuk smartphone maupun komputer.

Banyak software yang hadir sekarang, baik gratisan maupun membayar. Tentu saja yang gratis dan berbayar memiliki perbedaan pada fasilitas fitur (fasilitas), durasi yang dibolehkan serta jumlah peserta.