sebagai media sosial juga terlihat sangat inovatif. Sejak awal dirilis tahun 2010, sebelumnya hanya memiliki fitur membagikan foto beserta caption, dan fitur kirim pesan melalui direct message.

Banyak orang yang akhirnya tertarik membuat akun Instagram. Tidak hanya akun pribadi, ada juga pelaku bisnis yang membuat akun medsos untuk berjualan online via Instagram.

Untuk menunjang brand awareness atau pengetahuan publik terhadap produk yang dijual, mereka biasanya mengiklankan produk di akun-akun dengan jumlah pengikut yang banyak. Terutama di akun-akun sosok terkenal di Instagram alias selebgram atau influencer.

Dengan melihat perkembangan penggunaan medsos untuk beriklan seperti endorse, maka pihak Instagram akhirnya meluncurkan fitur pada Branded Content Tools. Jika kamu pelaku bisnis, maka kamu wajib mengenal beserta manfaatnya.

Pengertian Paid Partnership

Sebelum mengenal paid partnership beserta manfaatnya sebagai fitur di Instagram, kamu harus terlebih dulu memahami pengertian dari paid partnership itu sendiri.

Paid partnership adalah kerjasama yang dijalin antara suatu brand produk tertentu dengan seorang influencer atau orang yang dianggap berpengaruh untuk mengiklankan produk dari brand tersebut.

Di Instagram, kegiatan paid partnership banyak dilakukan seiring dengan majunya pasar online. Banyak brand produk barang maupun jasa yang beriklan di akun dengan jumlah pengikut yang banyak.

Kamu mungkin sejak dulu lebih mengenal paid partnership beserta manfaatnya dengan istilah endorse atau paid promote.

Sebenarnya, tidak ada perbedaan yang kental di antara ketiga istilah tersebut. Hanya saja istilah paid partnership memiliki arti yang lebih luas jangkauannya, karena tidak hanya berlaku untuk iklan produk saja, tetapi juga untuk iklan sebuah acara, kampanye, dan lain sebagainya.

Sebelumnya, tidak ada fitur khusus yang membantu mengkategorikan konten berbayar di Instagram. Sehingga para influencer hanya menggunakan fitur menandai (tag) akun, atau menyebutkan (mention) akun terkait di bagian caption foto yang diunggah.

Kini, dengan hadirnya fitur Paid Partnership pada bagian Branded Content Tools, konten yang berisi kerjasama berbayar bisa dikategorikan secara spesifik di Instagram.

Label bertuliskan “Paid partnership with (nama brand)” yang terletak persis di bawah nama akun pengunggah konten bisa diklik oleh pengguna lain. Jadi, brand yang diiklankan pun akan lebih mudah dikenali oleh pengguna lain yang melihat konten berbayar ini.

Ngaku deh, kamu juga pasti salah satu pengguna Instagram yang hobi ngepoin atau mencari tahu informasi dari konten-konten berbayar ini, kan?

Perlu diketahui, fitur ini berbeda dengan Instagram Ads. Karena Instagram Ads merupakan lapak iklan yang dikelola oleh pihak Instagram langsung, bukan muncul di akun pribadi para konten kreator maupun influencer.

Manfaat Paid Partnership

Mengenal paid partnership beserta manfaatnya sangat berperan dalam memajukan bisnis online yang digeluti. Berikut ini beberapa manfaat dari fitur Paid Partnership di Instagram:

Meningkatkan Brand Awareness

Brand Awareness – Mengenal Paid Partnership
Pengetahuan publik terhadap brand yang kamu miliki bisa lebih mudah ditingkatkan. Dengan begitu, peluang datangnya pelanggan baru untuk membeli produk pun bisa ikut bertambah.

Karena nama brand tertampil dengan jelas. Jika pengguna lain mengklik tag, pengguna Instagram akan langsung diarahkan ke akun brand yang dimaksud.

Menarik Perhatian

Dengan tampilan tulisan “paid partnership”, pengguna lain yang melihat konten akan langsung mengerti bahwa konten yang diunggah adalah konten kerjasama berbayar. Tidak sedikit pengguna media sosial yang selalu menantikan konten ini untuk dijadikan rekomendasi.

Jika kamu mampu memilih influencer yang tepat, maka perhatian pengguna lain juga lebih cepat didapat dan bisa saja segera terpengaruh untuk membeli produk yang diiklankan.

Memudahkan Pengecekan Efektivitas Konten

Pengkategorian konten paid partnership juga memudahkan pemilik brand atau pemilik akun pribadi (si influencer) untuk mengecek seberapa efektifnya konten berbayar yang diunggah.

Jumlah jangkauan ke pengguna lain bisa dibandingkan dengan konten pribadi tidak berbayar, yang terkadang memiliki jangkauan lebih tinggi.

Dengan begitu, pemilik akun bisa terus meningkatkan efektifitas atau kemampuan mengiklankan suatu produk dari brand tertentu, atau dijadikan sebagai evaluasi diri sebagai seorang influencer (pemberi pengaruh).

Sedangkan pemilik brand yang sudah mengetahui angka efektivitas melalui fitur Insight juga bisa mengkaji ulang pemilihan influencer yang tepat, agar tujuannya tercapai.

Menjadi Pembeda ‘Konten Jujur'


Meskipun banyak pengguna Instagram yang menantikan konten berbayar, ada pula sebagian pengguna yang mencari konten jujur atau konten yang diulas dengan opini dan analisa pribadi dari influencer.

Pengkategorian konten berbayar yang berlabel “Paid partnership with” ini akan memudahkan pengguna lain membedakan mana yang merupakan konten iklan atau konten pribadi milik influencer/konten kreator.

Maka dari itu, seluruh pengguna Instagram disarankan mengenal paid partnership beserta manfaatnya untuk mereka.

Cara Menggunakan Fitur Paid Partnership Instagram

Selain mengenal paid partnership beserta manfaatnya, ada hal lain yang perlu diketahui. Untuk menggunakan fitur Paid Partnership pada bagian Branded Content Tools Instagram, kamu harus memastikan bahwa akun brand sudah diatur menjadi akun bisnis.

Berikut ini tata cara menggunakan fitur Paid Partnership di Instagram dalam Bahasa Indonesia:

Buka profil akun, lalu klik menu Pengaturan
Klik menu Bisnis, pilih menu Konten Bermerek
Masuk ke Persetujuan Konten Bermerek, lalu setujui pengaturan penandaan otomatis.
Pilih dan setujui akun influencer atau konten kreator yang kamu ajak kerjasama, agar mereka bisa menandai akun brand dengan fitur Paid Partnership. Hanya akun dengan kategori “kreator”-lah yang bisa dipilih. Jadi pastikan kamu tidak mengajak kerjasama akun bisnis atau akun pribadi (private).
Tunggu persetujuan akun influencer atau konten kreator yang diajak kerjasama
Kini, akun influencer atau konten kreator bisa mengunggah konten berlabel paid partnership dengan akun brand milikmu.
Itulah penjelasan lengkap agar kamu mengenal paid partnership beserta manfaatnya.

sumber : cekaja.com

Related Posts